Sejarah Desa

Sejarah Desa

Sejarah Desa Suciharjo

Setiap desa pasti memiliki sejarahnya masing-masing demikian halnya dengan Desa Suciharjo. Sejarah asal muasal desa seringkali tertuang dalam dongeng-dongeng yang diwariskan secara turun-temurun dan disampaikan dari mulut kemulut. Sehingga sulit dibuktitakn kebenarannya secara fakta.

Dongeng tentang asal muasal Desa Suciharjo diantaranya yang paling populer adalah pada pertengahan abad ke 18 paska Perang Pajang yaitu perang besar di tanah Jawa antara bangsawan kesultanan Pajang, banyak bangsawan dan tentara yang melarikan diri dari kerajaan akibat perang saudara. Salah satu daerah pelarian adalah Tuban.

Dalam perjalanan ke Tuban para bangsawan dan prajurit Pajang berhenti dan beristirahat untuk mencari tempat yang aman. Salah satu tempat peristirahatan bangsawan tentara Pajang adalah petilasan yang ada di daerah Suciharjo. Di Petilasan tersebut dibuat sebuah Sendang Sumur Glagah Yang artinya sumber yang Suci dan ramai (harjo) yang berarti Raharjo atau damai. Untuk mengenang peristiwa tersebut dan menandai daerah tersebut akhirnya para bangsawan tersebut menamai daerah tersebut dengan SUCIHARJO.

Sejarah Pemerintahan Desa

Pada zaman penjajahan Belanda desa Suciharjo terbagi dalam 2 (dua) kelurahan yaitu kelurahan Sugih (Petinggen) Petingginya bernama Tasman dan Kelurahan Tikung (Petinggen) Petingginya bernama Tarmidi. Tiap kelurahan (Petinggen) dipimpin oleh seorang Petinggen yang dibantu oleh Bayan, Petengan, Kamituwo dan Jogoboyo.

Seiring dengan perkembangan zaman kedua kelurahan (Petinggen) tersebut berubah menjadi satu desa yaitu desa Suciharjo yang terdiri dari empat dusun antar lain Dusun Ponco, Dusun Kluncing, dusun Wonorejo dan dusun Sugih. Sejak terbentuk, Desa Suciharjo telah mengalami pergantian kepemimpinan (Kepala Desa) sebagai berikut :

        •  
  1. Tahun 1920 – 1943, Desa Suciharjo dipimpin oleh Laeman;
  2. Tahun 1944 – 1974, Desa Suciharjo dipimpin oleh Sukadi (JoyoAsmo);
  3. Tahun 1975 – 1989, Desa Suciharjo dipimpin oleh Soewandi;
  4. Tahun 1990 – 2007, Desa Suciharjo dipimpin oleh Soenaryo;
  5. ​​​​​​​Tahun 2007 – 2013, Desa Suciharjo dipimpin oleh Munir;
  6. Tahun 2013 – 2019, Desa Suciharjo dipimpin oleh Pasiran;
  7. Tahun 2019 – sampai sekarang dipimpin oleh Drs. Suhari.